Sabtu, 26 September 2015

Resep Membuat Manisan Buah Pala

Resep Membuat Manisan Buah Pala - Cara pembuatan manisan pala sendiri tidak tergolong rumit karena hampir setiap orang bisa membuatnya.untuk prosesnya sendiri bisa kita mulai dengan memilih buah pala yang sudah matang dan tua,ciri-cirinya bisa kita lihat dari bentuk dan warnanya, buah pala yang sudah tua dan matang warnanya hijau kekuning-kuningan dan bentuknya besar. Setelah kita memilih buah pala tersebut kita mulai mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan antara lain garam dan gula pasir.



Untuk pembuatan manisan pala basah bisa kita mulai dengan mengupas buah pala lalu buah yang telah kita kupas tersebut kita rendam dalam larutan air garam untuk menghilangkan getahnya selama kurang lebih satu hari satu malam,setelah semalam kita rendam pala itu kita iris sesuai selera, kemudian kita masukan ke dalam wadah dan taburi dengan gula dengan perbandingan seratus buah pala bisa menghabiskan kurang lebih satu kilogram gula pasir dan setelah didiamkan selama satu hari satu malam manisan pala dapat kita nikmati.

Proses  pembuatan manisan pala kering tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan manisan pala basah,hanya pada manisan pala kering memerlukan proses pengeringan. Buah pala yang telah dikupas sebelunya kita rendan dalam larutan garam untuk menghilangkan getahnya, kemudian buah pala kita bentuk sesuai selera, ada yang berbentuk bunga, cincin dan ada pula yang berbentuk kipas. Setelah itu kita campurkan gula pasir dan jemur selam kurang lebih tiga hari dalam larutan gula, kemudian setelah gula itu masuk kedalam daging buahnya kita taburi gula pasir lagi kemudian jemur selama kurang lebih tiga hari dan selanjutnya manisan buah pala bisa kita nikmati.(manisan pala bogor)

1 komentar:

Copyright © 2014 Manisan Bogor